Saung Kuring

Wilujeung Sumping Di Saung Urang Maparah

Thursday 27 October 2011

Pengaspalan Jalan di Dusun Panaekan Desa Maparah

                                             Gotong Royong Warga Dusun Panaekan

Ciamis, LINTAS PENA
Setiap harinya, puluhan orang warga Dusun Panaekan Desa Maparah Kec.Panjalu turun ke jalan melakukan kegiatan gotong royong untuk pengaspalan jalan di dusun setempat. Karena itu tak mengherankan, bila jalan sepanjang 1,5 km dan lebar 2,5 meter tersebut dapat selesai dalam waktu tak lama.
                Kepala Dusun Panaekan Mahpud Saepudin mengatakan, bahwa warga memanfaatkan bantuan dari Pemdes Maparah dari alokasi dana desa (ADD) untuk pengaspalan jalan sepanjang 1,5 km tersebut menghabiskan 25 drum aspal.”Karena ingin segera selesai dan menikmati  kondisi jalan yang mulus, maka warga pun turun ke jalan untuk bergotong royong, tak terkecuali kaum ibu turut membantu,”ujarnya.
                Kepala Desa Maparah H.Ahmad Hidayat membenarkan, bahwa warga Dusun Panaekan melakukan gotong royong pengaspalan jalan sepanjang 1, 5 km dan lebar 2,5 meter yang sumber dananya darui ADD. Selain itu, juga dibangnun tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 50 meter dan tinggi 3 meter di 2 titik.
                “Dengan kondisi jalan di Dusun Panaekan yang mulus itu diharapkan dapat memperlancar tranportasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat, karena jalan ini menghubungkan ke Dusun Maparah.”jelas Ahmad Hidayat.(HUSEN)***





Ciamis, LINTAS PENA
Kesadaran warga melakukan kegiatan gotong royong di Dusun Maparah Desa Maparah memang masih sangat tinggi terutama dalam menunjang pembangunan di segala bidang. Bahkan, kaum ibu pun turun ke jalan dan membantunya. Hal ini terlihat pada saat melakukan kegiatan pengaspalan dan pengecoran jalan di dusun setempat, pekan kemarin.
                “Dengan adanya kebersamaan, dimana warga dusun kami turun bergotong royong, maka pengaspalan dan pengecoran tanjakan jalan pun bisa diselesaikan dalam waktu singkat,”ungkap Akos, Kepala Dusun Maparah kepada LINTAS PENA.
                Akos menjelaskan, jalan yang diaspal sepanjang 1,5 km dan lebar 2,5 meter dari perbatasan Dusun Panaekan serta dilakukan pengecoran tanjakan sepanjang 60 meter dan jalan yang masuk ke pemukiman masyarakat sepanjang 300 meter dengan lebar 2 meter. Adapun sumber dananya berasal dari ADD Desa Maparah berupa 25 drum aspal dan 400 zak semen untuk cor. Selain Dusun Panaekan dan Dusun Maparah, juga di Dusun Pameungpeuk melakukan kegiatan gotong royong secara   swadaya masyarakat murni tidak ada bantuan dari pemerintah telah selesai diaspal sepanjang 500 M lebar 2,5 M menghabiskan  seabanyak 15 drum aspal. 
                Sementara itu, Kepala Desa Maparah H.Ahmad Hidayat mengatakan, bahwa ADD yang diterima desanya dimanfaatnya masyarakat untuk pembangunan sarana, diantaranya pengaspalan beberapa ruas jalan karena dinilai mendesak untuk memperlancar transportasi dan perekonomian masyarakat. (HUSEN)***









 




1 comment:

  1. Anjeun hiji lalaki bisnis atawa awéwé? Anjeun dina naon baé stress finansial atanapi ngalakukeun nu peryogi dana pikeun ngamimitian up bisnis sorangan? Dupi anjeun gaduh skor kiridit lemah sareng anjeun nyungsi eta teuas pikeun ménta kecap injeuman ti bank lokal
    sarta institutes finansial séjén?

    a) Personal injeuman, ékspansi Usaha.

    b) Usaha Mimitian-up jeung Pendidikan.

    c) Debt konsolidasi.

    d) gajian Duit Hard.

    Metoda kami nawarkeun maneh kasempetan nangtang jumlah injeuman diperlukeun na ogé durasi nu bisa mampuh ngalengkepan repayment injeuman kalawan laju dipikaresep of 2%. Ieu méré Anjeun kasempetan nyata pikeun meunangkeun dana nu peryogi. Ngalamar kabetot kedah ngalengkepan di handap
    rinci: -

    Formulir aplikasi *

    Nami lengkep:

    Jumlah Diperlukeun:

    Injeuman Lilana:

    penjajahan:

    Panghasilan bulanan:

    umur:

    Alamat / Nagara:

    Telepon Contact:

    ngahubungan kami dinten langsung via: consumeraffairsloan@gmail.com

    Awaiting Tanggapan anjeun

    Salam,

    ReplyDelete

Wilujeng Sumping..Sumangga Linggih Disaung Kuring